Desain atap rumah

Tips Membangun Dan Memilih Atap Rumah Minimalis Terbaik

Pada zaman sekarang rumah tidak hanya menjadi sebuah tempat untuk berteduh, tetapi sudah menjadi sebuah alat kebanggaan untuk dipamerkan jadi tidak heran jika rumah akan dibuat sebegitu menawan. Mulai dari lantai, dinding, taman sampai pagar rumah semua itu di hias sedemikian rupa sehingga membuatnya enak dipandang. Tetapi ada satu hal yang sangat jarang mendapat perhatian khusus oleh pemilik rumah yaitu atap rumah. Padahal dengan keindahannya rumah dapat menjadi tampak elegan dan bagus. Untuk saat ini yang sedang populer di tahun 2018 adalah atap rumah minimalis.

Dengan desainnya yang simple dan tentunya tidak terlalu memakan biaya menjadi salah satu kelebihan dari desain atap rumah minimalis. Apalagi jika dipasangkan dengan desain rumah minimalis hal ini akan jadi rumah yang pas di era sekarang.

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Atap Rumah Minimalis

Perlu diketahui jika atap rumah minimalis ini dibangun tanpa memikirkan beberapa perhitungan dan pemilihan material yang tepat alih-alih ingin membuat rumah menjadi indah, hal ini malah akan menghancurkan estetika dari sebuah rumah. Oleh karena itu  ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk membuat atap rumah dengan desain atap rumah minimalis. Beberapa hal tersebut diantaranya yaitu :

  1. Bentuk atap yang sesuai

Pada ilmu arsitektur bentuk atap rumah ada 4 macam yaitu atap pelana, atap limas, atap sandar dan atap datar. Dengan rumah yang berdesain minimalis sudah jelas bentuk atap yang sesuai dengan desain tersebut adalah bentuk atap sandar dan atap datar, karena dinilai sesuai dengan keadaan era sekarang dan lebih praktis dalam pembuatannya.

  1. Bahan atap rumah yang dipakai

Pilihlah bahan atap rumah yang ringan namun tahan terhadap atap air. Biasanya untuk rangkanya pada zaman sekarang rumah-rumah dengan gaya minimalis lebih menggunakan rangka baja ringan karena lebih murah, aman dan praktis. Sedangkan untuk penutupnya lebih banyak menggunakan bahan seng, sirap dan beton.

  1. Ornamen yang diterapkan

Untuk Anda dengan tipe penyuka seni biasanya akan menambah beberapa ornament kecil seperti keramik atau patung ataupun pola pada atap rumah minimalis. Pilihlah ornamen yang seusai dengan gaya minimalis dan tidak berat. Berikan sentuhan cukup bagian kecil saja karena hal ini dapat menambah elegan rumah Anda jika dipasang sesuai dan tidak berlebihan.

  1. Warna atap rumah

Pilihlah warna gelap untuk atap rumah minimalis dan diberi tambahan doop. Alasannya karena warna gelap akan memfokuskan mata ketika mereka melihat rumah. Sedangkan diberi tambahan doop hal ini bertujuan agar tidak membuat sakit mata dan tidak terlalu silau ketika dilihat.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat atap rumah minimalis. Semoga ulasan diatas bisa bermamfaat dan menjadi referensi untuk membuat rumah tampak lebih indah dan lebih nyaman.