Tipe-Tipe Rumah Minimalis

Rumah minimalis adalah salah satu jenis rumah yang menjadi idaman banyak keluarga saat ini. Dikarenakan terbatasnya lahan di daerah perkotaan, sehingga bagi seseorang yang tidak memiliki cukup dana untuk membangun hunian yang luas memilih jenis rumah ini sebagai alternatif pilihannya.

Ada perbedaan mendasar antara tipe hunian di kota dan pedesaan. Jika di desa cenderung bisa kita temukan rumah yang cukup luas, sedangkan di kota kebanyakan rumahnya sempit dengan jarak antar rumah yang cukup dekat. Ini dikarenakan harga tanah perkotaan dari hari ke hari mengalami kenaikan, sehingga mengharuskan penduduk kota mencari alternatif hunian dengan membuat rumah kecil senyaman mungkin untuk tempat tinggal. Karena ini pula kemudian banyak bermunculan perumahan yang menawarkan konsep minimalis, yakni rumah kecil tapi dengan konsep desain yang minimalis, sederhana dan modern.

Berbagai Tipe dan Jenis Rumah Minimalis

Sejak kemunculannya dari hari-kehari konsep hunian minimalis ini mulai memiliki banyak peminat, sehingga telah menjadi trend di masyarakat perkotaan. Namun tidak hanya di daerah perkotaan saja, konsep hunian minimalis juga telah menyebar hingga di perdesaan. Sehingga tidak salah jika kita bisa dengan mudah menemukan konsep hunian jenis ini di pedesaan namun dengan menggunakan lahan yang cukup luas atau bertipe 44 dan 54. Karena rata-rata lahan di perdesaan memang lebih luas di bandingkan perkotaan.

Perkembangan zaman yang semakin maju dan terbuka kini telah membuka pikiran masyarakat di daerah perdesaan yang mulai mencoba ikut mengadopsi konsep perumahan minimalis. Bagi mereka yang memiliki dana cukup memilih jenis hunian ini karena lebih terlihat modern dan memberikan suasana baru sesuai perkembangan zaman. Meski begitu tidak menutup kemungkinan masih banyak juga yang mengadopsi konsep perumahan sederhana, klasik, ataupun kuno.

Untuk tipenya ada tipe 21, 36, 45 dan 54, tergantung dari selera masing-masing pemilik rumah dan buget serta lahan yang dimiliki. Tipe rumah ini jika dilihat dari desainnya pada umumnya sama mengekor pada gaya perumahan modern, yang membedakan hanya besar dari masing-masing rumah contohnya sebagai berikut

  1. Tipe 36 Rumah Minimalis

Tipe rumah minimalis 36 merupakan tipe rumah yang memiliki luas sekitar 30 meter persegi, dengan panjang bangunan sebesar 6 meter dan lebar 5 meter. Rata-rata mengusung gaya modern dan simple, memiliki ruangan yang cukup lega untuk keluarga kecil. Jumlah ruangannya bisa di tentukan sendiri oleh pemilik rumah namun tetap mengacu pada ukuran panjang 6 meter lebar 5 meter. Jenis rumah ini cocok untuk pasangan muda yang memiliki dana terbatas namun masih menginginkan rumah yang nyaman dan tidak terlalu sempit.

  1. Tipe 45 Rumah Minimalis

Tipe rumah minimalis 45 merupakan salah satu jenis hunian minimalis yang bisa dibilang banyak peminatnya. Ini dikarenakan tipe hunian ini lebih luas di bandingkan dengan model rumah tipe 36, atau bisa dibilang sebagai ukuran sedang tidak besar dan kecil. Sehingga cocok sebagai hunian kebanyakan keluarga.

  1. Tipe 54 Rumah Minimalis

Jika sebelumnya kita membahas hunian minimalis kecil dan sedang, yang terakhir merupakan jenis hunian minimalis yang paling besar yakni tipe rumah minimalis 54. Jika pada tipe 36 dan 45 penghuninya terbatas pada lahan dan kreatifitas dalam mengekplore rumahnya, namun pada tipe 54 ini penghuni bisa dengan bebas mengeksplore setiap ruangan. Sehingga akan menimbulkan kesan mewah pada rumah terebut. Selain itu tidak hanya bergaya modern saja jenis rumah ini juga bebas dalam mengusung konsepnya bisa etnik ataupun klasik.

Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa tipe dan jenis dari rumah minimalis yang pada umumnya dijadikan sebagai pilihan hunian saat ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang mungkin sedang bingung mempersiapkan hunian yang cocok bagi keluarga namun terbatas pada lahan yang anda miliki, sehingga beberapa pilihan rumah minimalis tersebut bisa dijadikan alternatif.