Taman Minimalis Depan Rumah

Siapa yang tidak memiliki rumah idaman? Ya, memiliki rumah idaman merupakan impian semua orang. Banyak orang bermimpi dapat mewujudkan rumah idaman mereka suatu hari, terlepas dari besar maupun kecil rumah tersebut. Saat ini rumah idaman bukan hanya mencakup rumah besar, namun rumah kecil yang simple dan asri juga menjadi idaman banyak orang. Apalagi rumah tersebut di lengkapi dengan sebuah taman minimalis depan rumah. Salah satu tipe rumah yang banyak di inginkan saat ini ialah rumah minimalis mungil yang simple dan nyaman. Keinginan masyarakat tersebut sangatlah wajar, mengingat kebutuhan tiap orang dari hari kehari semakin banyak.

Sehingga mereka sibuk dan tidak sempat merawat rumah mereka. Oleh karena itu rumah kecil simple asri banyak di jadikan pilihan yang tidak memerlukan perawatan khusus seperti halnya rumah besar. Selain itu bagi seseorang yang tinggal di daerah perkotaan mereka kebanyakan lebih memilih rumah kecil di karenakan terbatasnya lahan di daerah perkotaan dan harga tanah yang dari tahun ke tahun semakin mahal. Apalagi masyarakat perkotaan juga kebanyakan tidak memiliki waktu luang untuk bersih-bersih mauppun merawat rumah mereka karena banyaknya aktifitas sehari-hari. Jadi tidak salah jika rumah kecil minimalis banyak digemari apalagi di tambah taman asri minimalis untuk menambah keindahaannya.

Tips Merawat Taman Minimalis Depan Rumah

Rumah memang tidak bisa di lepaskan dengan adanya sebuah taman, entah taman tersebut luas ataupun kecil. Taman pada sebuah rumah memiliki banyak fungsi tidak hanya untuk mempercantik rumah saja. Taman yang asri walaupun mungkin mungil juga bisa di jadikan alternatif penghilang stress dari aktifitas sehari-hari setelah bekerja. Dengan melihat sesuatu yang asri dan alami bisa membuat pikiran kita menjadi lebih rileks. Oleh karena itu apabila lahan di depan rumah anda tersisa dan tidak di fungsikan untuk apapun, alangkah baiknya jika di jadikan sebagai taman yang indah, walaupun mungkin ukurannya tidak terlalu besar.

Di sisi lain ada orang yang memiliki taman luas di rumahnya, tapi mungkin karena terlalu sibuk atau malas untuk merawat tamannya sehingga menyerahkannya pada jasa tukang kebun. Mungkin langkah ini praktis namun ada baiknya anda sendiri yang merawat taman tersebut, selain lebih bisa menghemat pengeluaran, merawat taman minimalis depan rumah juga akan lebih membuat anda bisa menghargai apa yang anda miliki. Apalagi saat ini banyak info maupun literatur untuk merawat dan menata taman agar lebih asri. Nah, untuk anda yang ingin merawat taman depan rumah, berikut ada sedikit tips yang mungkin bisa membantu.

  1. Menyiram Tanaman Dengan Benar

Coba perhatikan taman minimalis depan rumah anda, jika ada yang di tanaman yang menggunakan media pot untuk penyiramannya sebaiknya perhatikan dengan benar. Adapun cara penyiramannya, lakukan penyiraman tanaman sampai airnya meluap dan keluar dari lubang-lubang di bawah pot. Kemudian segera hentikan saat air sudah penuh sampai keluar, ini di karenakan jika anda terus menyiramnya akan membuat tanaman cepat membusuk.

  1. Menambah Kelembapan Tanaman

Tanaman memang bisa mengatur kelambapan mereka sendiri, namun kadangkala di saat musim kemarau ataupun saat anda kurang memberikan air, tanaman bisa mengalami kekurangan kelembapan. Tentu ini berbahaya karena bisa saja tanaman layu, kering bahkan mati taman anda tidak akan lagi menarik. Oleh karena itu anda sebagai pemilik harus mengetahui lebih jauh tentang tanaman anda. Memang sulit bagaimana cara mengetahui tanaman kakurangan kelembapan atau tidak, namun anda bisa sekilas mengetahuinya dengan membaca ciri-ciri pada tanaman tersebut seperti bintil-bintil coklat pada daun bisa di pastikan tanaman tersebut kekurangan kelembapan. Jangan tunggu lama-lama segeralah pindah ketempat yang lebih lembab atau beri sedikit air.

  1. Pencahayaan

Tanaman pasti membutuhkan pencahayaan untuk proses fotosistesis, walaupun mungkin ada beberapa tanaman yang bisa hidup di tempat gelap, namun tidak semuannya. Oleh karena itu pastikan tanaman anda cukup mendapatkan sinar matahari. Aturlah tanaman mana yang membutuhkan pencahayaan lebih dan tamanan mana yang dapat hidup di tempat teduh seperti di teras rumah

  1. Ubah Tanah

Bila anda sudah melakukan semuanya mulai dari penyiraman, memberi pupuk, memberi pencayaan cukup namun tanaman anda tetap tidak tumbuh maksimal, lalu apa yang harus di lakukan?. Tenang mungkin anda sudah waktunya untuk mengganti tanah pada tanaman di pot. Biasanya anda menggunakan arang sebaiknya ganti tanah, atau bisa jadi tanah sebelumnya yang sudah mengeras dan tidak subur. Jadi anda bisa menggantinya dengan tanah tang baru untuk memperbarui nutrisi pada tanaman.

  1. Bersihkan Taman

Memiliki rumah yang bersih dan rapi pasti akan membuat penghuninya juga betah di dalamnya, begitu juga dengan taman. Mungkin anda berpikir merawat tanaman hanya perlu memupuk dan menyiraminya saja, untuk kebersihannya juga hanya di bersihkan seperlunya saja agar taman tidak kotor. Tapi hanya dengan membersihkan seperlunya saja tidak cukup, ada baiknya anda menatanya agar lebih rapi. Selain itu bersihkan daun demi daun dengan kain halus untuk menghindarkan tanaman dari debu.

Rapikan juga pot-pot serta daun-daun yang sudah mulai lebat, dan jangan lupa ubahlah posisi pot-pot tanaman satu bulan sekali untuk menciptakan kesan yang tidak monoton.

  1. Periksa Hama Dan Serangga

Ketika tanaman yang sudah kita rawat tumbuh dengan subur pasti kita akan merasa senang melihatnya. Namun kadangkala kita merasa jengkel saat tanaman tersebut di hinggapi hama dan serangga penggangu. Hama ini jika di biarkan dapat merusak tanaman, oleh karena itu penting melakukan pencegahan seperti menyeprotkan anti hama atau bisa juga saat tanda-tanda hama mulai menyerang anda mulai membasminya. Ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan pestisida berlebih yang jusru dapat membuat hama kebal terhadap pembasmi serangga.

  1. Ganti Pot

Tanaman yang di rawat dengan baik akan tumbuh dengan baik pula, sehingga anda harus lebih sering dalam memantau dan melihat perkembangan tanaman anda. Apalagi tanaman yang berada di dalam pot, sebaiknya cek dan ganti pot sesuai dengan ukuran dan umur tanaman untuk membantu agar dapat tumbuh lebih baik.

  1. Potong Ranting

Dalam merawat tanaman ada beberapa cara salah satunya yang juga tidak boleh di abaikan ialah memotong ranting yang mengganggu. Cara ini efektif untuk membuat tanaman untuk tumbuh lebih baik.

  1. Pupuk Alami

Salah satu komponen penting dalam merawat tanaman ialah penggunaan pupuk yang tepat. Adapun penggunaan pupuk yang cocok untuk tanaman ada baiknya pergunakan pupuk alami dulu sebelum memutuskan untuk menggunakan pupuk kimia. Anda bisa menambahkan pupuk kotoran ataupun kompos sebagai tambahan nutrisi pada masa pertumbuhan bisa didapatkan dengan maksimal. Cobalah berkonsultasi dengan orang yang memberikan bibit tanaman mengenai komposisi yang baik.

  1. Beri Tambahan Unsur Air

Anda yang memiliki taman minimalis depan rumah yang ukurannya tidak terlalu luas jangan berkecil hati. Taman mungil anda mungkin kecil tapi bisa anda maksimalkan lahan yang ada dengan membuat taman minimalis yang rapi, asri dan alami. Adapun caranya anda tinggal menambahkan unsur alam seperti air mancur buaan, tanaman bambu hias, kolam ikan, suara gemericik air inilah yang membuat taman tersebut lebih hidup sehingga anda akan lebih merasa rileks.