Type Rumah Minimalis

Rumah Minimalis Satu Lantai 3 Kamar Tidur

Rumah minimalis saat ini tengah menjadi trend di masyarakat, memiliki keunggulan di bandingkan dengan jenis rumah lainnya, menjadikkannya sebagai alternatif untuk sebagian orang yang membutuhkan hunian ideal dan nyaman. Perlu diketahui memang pada umumya rumah minimalis dibangun dengan lahan yang terbatas. Dan kebanyakan berada di daerah perkotaan yang memiliki lahan sempit oleh karena itu rumah ini di sebut dengan rumah minimalis.

Rumah minimalis memiliki beberapa tipe mulai dari yang kecil seperti ukuran 21 hingga yang besar dengan ukuran 54. Semua tipe tersebut bisa di sesuaikan dengan kebutuhan tiap individu, seperti halnya keluarga kecil dengan anggota keluarga 3 sampai 4 orang cocok menempati rumah minimalis ukuran 36 dan 45. Sedangkan untuk pasangan muda yang kondisi keuangannya belum terlalu stabil cocok menempati rumah minimalis tipe 21 dan 36. Rumah minimalis terbagi atas satu lantai dan dua lantai, bahkan bisa juga lebih tergantung selera pemilik rumah yang membangun berapa lantai. Namun, pada umumnya rumah minimalis yang memiliki minat banyak ialah rumah minimalis satu lantai 3 kamar tidur.

Tips Memaksimalkan Ruang Rumah Minimalis Satu Lantai 3 Kamar Tidur

Tipe rumah minimalis satu lantai dan memiliki kamar lebih dari dua banyak diminati di daerah perkotaan, ini di karenakan tipe rumah ini cukup luas dan dapat menampung keluarga besar. Walaupun mungkin dari harganya lebih mahal dari pada tipe rumah dengan kamar 1 atau 2, tapi tipe ini sangat pas tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil. Namun, kadangkala pemilik rumah masih kesulitan dengan penataan tata ruang guna memaksimalkan lahan yang ada. Karena pada umumnya rumah minimalis di daerah perkotaan lahannya sangatlah terbatas sehingga harus pintar-pintar dalam mengolah ruangan yang ada. Jika anda berminat ingin memiliki rumah minimalis satu lantai 3 kamar tidur, dan saat ini sedang bingung penataan tata ruangnya berikut ada beberapa tips yang bisa dijadikan referensi.

  1. Denah 2 Kamar Di Depan Dan 1 Kamar Di Belakang

Tips pertama yang untuk memaksimalkan ruangan, anda bisa mengakalinya dengan membuat denah menjadi 2 kamar di posisi depan dan untuk kamar yang satu lagi ditempatkan pada posisi bagian belakang sudut rumah. Pada kamar depan bisa kita beri kamar mandi begitu juga dengan kamar tidur utama. Kedua kamar ini memiliki kamar mandi masing-masing sehingga bisa menghemat ruangan, adapun pola yang terbentuk kedua kamar yang terletak di bagian depan didesain secara berjajar akan tetapi dengan menggunakan ukuran yang lebih lebar untuk bagian kamar tidur utama dan untuk bagian dari kamar kedua berbentuk memanjang.

  1. Denah Dengan Kamar Tidur Terletak Dalam Siku Ruangan

Tips mengatur rumah minimalis satu lantai 3 kamar tidur lainnya bisa dengan menempatkan bagian dari kamar tidur berdekatan dengan area belakang rumah. Letakkan kamar tidur dengan pola bentuk siku pada ruangan, sejajar dari sudut untuk segi bagian belakang dan dari segi bagian tengah ruangan.

  1. Denah Kamar Tidur Berhadapan

Membuat denah kamar tidur yang berhadapan bisa juga menjadi solusi. Letakkan ruang tamu di tengah ruangan, sedangkan kamar tidur berhadapan menghadap dan menghimpit ruang tamu. Atur kamar tidur mana yang sejajar (dua kamar) di bagian kiri atau kanan.

  1. Kamar Tidur Dekat Dengan Halaman Belakang

Bila ingin suasana yang asri dengan jendela menghadap taman, anda bisa membuat kamar tidur anda dekat dengan halaman depan maupun belakang. Memposisikan kamar menghadap langsung ke taman sehingga ketika anda membuka jendela akan yang tampak ialah taman yang hijau dan asri. Dalam kasus ini tergantung posisi taman anda apakah di depan atau anda memiliki taman kecil di belakang dari penggunaan lahan kosong yang tersisa.

  1. Memberi ruang pada sisi rumah untuk taman

Rumah jika tidak memiliki taman akan terasa mati, terlihat gersang dan tidak menarik. Oleh karena itu jika anda memiliki lahan yang tersisa bisa anda manfaatkan sebagai taman. Taman tidak melulu terletak di depan atau di belakang rumah, karena biasanya untuk rumah minimalis kebanyakan lahan yang tersisa di depan dan di belakang rumah. Namun, kadangkala ada sedikit lahan yang tersisa di samping rumah dan tidak di manfaatkan untuk apapun. Maka dari itu ada baiknya manfaatkan lahan sebaik mungkin walaupun mungkin itu sempit. Anda bisa membuat taman mini di samping rumah, menanam rumput, bunga atau tnaman kecil yang tidak terlalu tinggi atau bisa juga menanam tanaman rambat pada pagar pembatas rumah.

  1. Dapur di belakang rumah

Memiliki rumah minimalis satu lantai 3 kamar tidur memang cukup lega sehingga anda bisa membuat ruangan lebih banyak, dari penempatan kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu. Namun, dalam penempatan tiap ruangan ini harus pintar-pintar karena jika salah menempatkan ruangan bisa jadi anda sendiri yang akan sulit beraktifitas. Sebagai contoh penempatan dapur, memang dapur bisa kita letakkan di mana saja asal penataannya rapi dan menarik, masalahnya kadang saat kita memasak dapur menjadi tempat yang mengerikan karena kotor, penuh dengan asap dan terkesan jorok. Oleh karena itu ada baiknya anda menempatkan dapur di tempat yang tersembunyi di belakang rumah. Sehingga anda bisa memasak dengan leluasa tanpa menggangu tamu yang datang ataupun asap dan aroma makanan tidak masuk ke seluruh ruangan.

  1. Teras dan taman pada bagian belakang

Seperti halnya ruangan samping rumah yang masih kosong bisa kita manfaatkan sebagai taman. Begitu juga dengan ruangan belakang rumah yang biasanya banyak menyisakan lahan oleh karena itu kita bisa memanfaatkannya sebagai taman kecil yang asri. Tidak perlu secantik mungkin cukup menanaminya dengan rumput hijau dan menanam pohon yang agak tinggi seperti palem untuk penghijauan. Taman belakang rumah ini bisa anda gunakan sebagai view yang cantik untuk kamar yang letaknya di belakang, sehingga saat anda membuka jendela yang tampak ialah pemandangan hijau asri dan segar. Selain itu anda juga bisa menambahkan teras untuk anda duduk-dudk di sore hari.

  1. Denah minimalis luas tanah minimalis

Bila memiliki luas tanah yang sempit namun ingin membuat ruangan tampak lebih lebar, anda bisa mengakalinya dengan membagi kamar tidur di bagian belakang dan bagian depan. Selain itu buatlah kamar tidur agar letaknya menyamping, bila ukuran tanah menyamping ke bagian samping.

  1. Carport lebih panjang

Ingin memiliki garasi namun lahan terbatas?. Tenang, anda bisa membuat garasi dengan ukuran memanjang, ukur garasi agar muat untuk mobil anda. Tidak perlu luas namun manfaatkan space yang ada. Biasanya untuk rumah minimalis garasi mobil di letakkan di depan rumah di dekat taman depan. Tapi, dengan rumah minimalis satu lantai 3 kamar tidur yang ukurannya cukup lega anda bisa mencoba membuat garasi mobil menyatu dengan rumah. Letakkan garasi mobil di samping rumah menggunakan pengukuran yang tepat, ada baiknya memanjang karena space ruangan lainnya bisa di manfaatkan untuk ruangan lain.