Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuat Desain Kolam Renang

Berenang termasuk salah satu olahraga yang banyak diminati dan digemari. Bahkan meskipun saat ini banyak jenis olahraga yang lain, untuk olahraga yang satu ini tetap digemari. Pada umumnya, orang yang hobi berenang akan menyalurkan hobinya dengan cara berenang di kolam renang umum yang mana sekarang keberadaannya sudah bisa ditemukan dengan mudah. Namun, bagaimana dengan tipe orang yang tidak terlalu suka berenang di tempat umum? Solusinya adalah membuat kolam renang minimalis di dalam rumah dengan mengambil langkah merancang desain kolam renang terlebih dahulu.

Jika kolam renang selalu identik dengan rumah megah dan mewah, untuk saat ini sudah ada beberapa model dan desain kolam renang dengan bentuk yang minimalis selama Anda mempunyai lahan sisa misalkan di belakang rumah. Sebelum Anda memulai untuk membuat kolam renang minimalis di rumah, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya lagi, mari simak sedikit ulasan di bawah ini.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Desain Kolam Renang

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat desain kolam renang minimalis di rumah dengan nyaman diantaranya yaitu :

  • Ukuran dan layout

Perhatikan ukuran kolam renang dan lahan kosong yang tersedia di rumah Anda. Sebisa mungkin Anda harus bisa menyiasati dan menyesuaikan ukuran kolam dengan ketersediaan lahan. Selain itu, sesuaikanlah layout yang akan digunakan dengan tema rumah yang diusung.

  • Teras atau pool deck

Untuk hal yang satu ini kurang lebih merupakan area sekitaran kolam renang yang bisa diciptakan dengan berbagai ide untuk sebuah teras atau pool deck. Diantaranya yaitu deck kayu, lantai dengan material batu alam, stepping stone yang disusun secara artistic, atau bahkan Anda bia menciptakan teras yang menyatu dengan halaman rumah. Pastikan teras yang dibuat ini anti selip dan tidak licin.

  • Kedalaman air

Tidak hanya keindahan luar, untuk desain kolam renang dalam keadaan fisiknya juga harus diperhatikan. Sesuaikan kedalaman air tersebut dengan penghuni rumah. Jika terdapat anak kecil, Anda bisa menggabungkan kedalaman air namun dilengkapi dengan sekat pemisah.

  • Vegetasi

Jika masih tersedia lahan yang luas, Anda bisa menciptakan vegetasi yang dapat menambah nilai keindahan desain kolam renang. Untuk menambah kesan lebih natural, berikan sentuhan alami dengan penanaman pohon kelapa, kamboja, pisang kipas, atau dadap merah. Dalam hal ini jangan lupa Anda juga harus tetap memperhatikan kesesuaiannya dengan tema rumah.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membuat desain kolam renang di rumah yang nyaman dan lebih terjamin kebersihannya. Selain itu, dari ulasan diatas bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi yang bagus dalam membuat kolam renang minimalis di rumah.