Model Rumah Populer Di Kampung

Model rumah di kampung saat ini sangatlah populer, mungkin jika mendengar kata kampung yang terlintas di benak kita adalah kuno. Buang jauh-jauh pikiran tersebut karena kata kuno itu dulu sekarang perkampungan sudaahlah cukup maju, banyaks masyarakat kampung yang melek akan teknologi dan budaya modern sehingga tidak salah jika saat ini banyak perkammpungan yang telah tersentuh gaya modern namun tidak meninggalkan unsur adat dan tradisional yang melekat di masyarakat.

Termasuk juga dalam urusan desain rumah masyarakat kampung saat ini sudah jauh lebih maju, jika dulu mungkin perumahan desa lebih di dominasi dengan gaya tradisional namun kini arsitekturnya jauh lebih modern dan menggambarkan bagaimana pemilik rumah. Rumah merupakan salah satu tempat yang tidak hanya sebagai tempat tinggal saja namun juga di gunakan sebagai tempat untuk melakukan segala akativitas termasuk sebagai pelepas penat.

Beberapa Model Rumah Populer Di Kampung

Oleh karena itu rumah yang nyaman sangatlah penting, apalagi di tambah dengan suasana lingkungan yang asri tentu juga akan membuat orang tersebut lebih nyaman untuk tinggal disana. Seperti halnya rumah tinggal di daerah pedesaan yang lokasinya asri tentu akan semakin membuat betah penghuninya.

Bicara tentang rumah di desa, tentu banyak orang penasaran bagaimana rumah modern yang saat ini tengah di gandrungi oleh masyarakat pedesaan. Bagi anda yang penasaran berikut ada model-model rumah populer di kampung.

  1. Rumah sederhana

Rumah sederhana merupakan rumah yang bisa kita temukan banyak di daerah pedesaan, rumah ini memiliki konsep seperti halya rumah pada umumnya namun lebih rapi dan sedrhana, yang membedakan rumah sederhana di desa dan rumah sederhana di kota ialah lokasinya karena di pedesaan lokasinya jauh lebih asri dan alami sehingga rumah jenis ini lebih cocok jika berada di desa daripada di kota.

  1. Rumah klasik

Jika kita berkunjung ke desa bisa kita temukan banyak rumah bergaya klasik, rumah ini memiliki ciri khas seperti rumah tempo dulu, jika berada di daerah jawa kebanyakan rumah bergaya klasik ini dinamakan rumah joglo dengan berbagai hiasan ornamen-ornamen jawa kuno gamelan, pusaka maupun patung- patung.

  1. Rumah minimalis

Dengan perkembangan teknologi yang pesat masyaakat pedesaan saat ini sudah semakin maju mereka juga lebih terbuka dengan teknologi dan dunia luar. Begitu pula dengan perumahan, sudah banyak mengalami perkembangan yang signifikan. Bila kita berkunjung ke desa jangan kaget jika banyak menemukan perumahan dengan konsep modern. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah yang mereka desain sendiri sesuai dengan keinginan mereka. Walaupun tidak semuannya, mungkin kita bisa menemukan rumah bergaya ini satu atau dua rumah bahkanlebih banyak dari itu. Tapi karena ini jugmenunjukkan bahwa masyarakat pedesaan juga tidak mau ketinggalan dalam dunia arsitektur.

  1. Rumah tradisional

Hampir sama seperti rumah klasik, namun yang membedakan rumah tradisional dengan rumah klasik ialah pakem-pakem yang digunakan. Rumah tradisional di beberapa daerah di perkampungan yang masih ada biasaya masih alami turun temurun dari nenek moyang sehingga pakem-pakem adat pendirian rumah masih melekat. Seperti halnya rumah gadang walaupun saat ini sulit kita temukan rumah ini dan hanya beberapa yang masih berdiri kokoh. Namun rumah ini merupakan peninggalan nenek moyang yang masih bertahan karena dilestarikan oleh masyarakat setempat sebagai warisan nenek moyang sehingga tidak ada perombakan seperti halnya rumah klasik ynag sudah mendapat berbagai sentuhan.

Demikian sedikit ulasan mengenai model rumah populer di kampung, model-model rumah di daerah perkampungan masih tertinggal dalam bidang arsitekturnya di bandingkan dengan di kota. Tapi mulai dari sini sudah bisa kita lihat bahwa sudah ada perkembangan sedikit-demi sedikit masyarakat di desa sudah mulai terbuka dengan desain rmah modern.