Model Pintu Minimalis

Pintu merupakan salah satu komponen yang tak pernah bisa terlepaskan dari sebuah rumah. Ya, tidak mungkin sebuah rumah tidak memiliki pintu, karena itu adannya pintu ini sangatlah penting. Komponen utama dari sebuah rumah ini bisa di bilang merupakan suatu ujung tombak dalam tampilan sebuah rumah. Karena bila kita melihat sebuah rumah bisa di pastikan yang pertama kali yang kita lihat ialah pintu dari rumah tersebut. Adapun fungsi pintu itu sendiri sebagai alat keluar masuk penghuninya dan di gunakan juga sebagai keamanan. Namun lebih dari itu tidak hanya di optimalkan dalam fungsinya saja pintu juga dapat digunakan untuk mewakili estetika dari sebuah rumah.

Pintu yang pas dan apik tentu juga akan mempercantik eskterior dari rumah tersebut. Oleh sebab itu tidak salah jika saat ini banyak bermunculan berbagai model pintu, mulai dari model pintu minimalis, model pintu klasik, model pintu kuno dll. Berbagai model pintu ini memang di buat untuk menyesuaikan dengan konsep rumah masing-masing pemilik rumah. Karena setiap orang memiliki selera konsep rumah idaman mereka masing-masing. Ada yang lebih condong dengan rumah bergaya klasik, ada yang lebih suka bergaya modern dll. Begitu pula dengan konsep dari pintu yang di gunakan tentunya juga akan mengikuti.

Contoh Model Pintu Minimalis

Penyesuaian pintu pada rumah haruslah pas dan serasi, walaupun mungkin tampak sepele karena hanya sekedar pintu saja. Tapi jangan salah bila anda tidak pas dalam memasangkan pintu ini bisa jadi tampilan eksterior rumah anda akan tidak akan enak dilihat dan cenderung bertabrakan. Sebagai contoh anda memiliki rumah bergaya minimalis namun pintu yang anda gunakan bergaya tradisional, tentu akan sangat mengganggu mata yang melihatnya. Karena sangat tidak pas. Oleh karena itu jika anda memiliki rumah minimalis dan bingung memilih pintu yang sesuai dengan rumah minimalis berikut ada beberapa model pintu minimalis yang bisa menjadi referensi.

  1. Pintu Kaca Minimalis

Jenis pintu minimalis ini biasanya terbuat kayu yang di tambahkan dengan aksen kaca sebagai hiasan untuk mempercantiknya. Dari segi desainnya sendiri jenis pintu kca minimalis tidaklah terlalu neko-neko. Karena dari konsepnya yang mengusung minimalis, walaupun ada beberapa yang menggunakan desain yang lebih dari simple dengan berbagai hiasan dan ornamen-ornamen, namun pada umummnya lebih simple di bandingkan dengan jenis pintu lainnya. Untuk warnanya kebanyakan yang digunakan ialah warna hitam dan coklat. Namun, saat ini ada beberapa variasi pintu kaca yang menggunakan berbagai material selain kayu, sepertihalnya almunium, stainless dll. Sedangkan untuk warnanya sendiri kebanyakan masih di dominasi warna hitam, coklat dan putih.

  1. Pintu Almunium

Model pintu minimalis lainnya yang bisa di coba ialah pintu almunium. Pintu almunium ini cocok digunakan sebagai alternatif pintu utama untuk rumah kecil. Terbuat dari almunium yang memiliki bobot ringan dan cukup aman melindungi rumah dari maling. Kebanyakan desain yang diusung pintu almunium ialah menggunakan desain minimalis. Sehingga cocok jika anda menginginkan pintu yang tidak terlalu banyak ornamen, ringan, tahan rayap dan simple. Cocok di aplikasikan pada rumah kecil dengan ukuran 21 dan 36. Pintu almunium memiliki kelebihan dalam pemasangannya yang cukup mudah karena bobotnya tergolong ringan. Sedangkan untuk varian warnanya sendiri tidak terlalu banyak, biasanya hanya berwarna coklat, hitam dan putih. Untuk aksen tambahannyapun pada umumnya hanya di tambahkan kaca. Namun untuk penggunaan pintu almunium dan kaca biasanya di tambahkan pintu besi di belakang ataupun di depannya sebagai keamannya.

  1. Pintu Kayu

Dari sekian banyak model pintu, yang paling banyak digunakan tidak lain ialah kayu sebagai bahan baku utamanya. Bahan kayu memang banyak di gunakan untuk pembuatan pintu, tidak hanya karena sifatnya yang mudah di olah dan di bentuk. Kayu juga cukup kokoh di gunakan untuk melindungi rumah dari maling. Adapun jenis pintu kayu yang di gunakan untuk rumah minimalis ada berbagai macam dan desainnya. Pemilik rumah bisa memilih dan meminta desainnya sesuai dengan keinginnnya pada tukang kayu. Sedangkan varian warna pintu jenis ini cukup banyak, karena kita bisa dengan mudah megaplikasikan cat sesuai keinginan. Sedikit tips bila anda memilih jenis pintu ini ada baiknya sesuaikan dengan konsep rumah anda begitu pula dengan warnanya.

  1. Pintu Besi

Untuk rumah biasanya sangat jarang kita temukan yang menggunakan pintu besi sebagai pintu utamannya. Mungkin karena bobotnya yang cukup berat dan modelnya yang monoton, pintu besi juga tampak kaku jika kita pasang sebagai pintu utama, sehingga pintu besi sering di gunakan sebagai pintu garasi maupun pintu taman depan. Tapi dengan seiring perkembangan jaman, jenis pintu ini sudah banyak di gunakan sebagai pintu utama pada rumah. Ini di karenakan sifatnya yang kokoh dan aman di gunakan untuk menghindarkan dari pembobolan oleh maling, oleh karena itu sering di pasang sebagai pengaman tambahan yang di padukan dengan pintu almunium dan pintu kaca. Selain itu saat ini juga banyak bermunculan berbagai desain pintu besi yang lebih menarik, sehingga anda bisa menggunakan pintu besi sebagai alternatif pilihan pintu rumah anda.

  1. Pintu Stainsteel

Jenis pintu lainnya yang bisa di gunakan ialah pintu stainsteel, pintu yang terbuat dari stainsteel ini cukup kokoh dan juga menarik serta lebih tahan karat. Rumah yang menggunakan stainsteel sebagai pintu utamannya akan terlihat lebih mewah, sehingga pintu jenis ini cocok di aplikasikan pada rumah minimalis yang cukup besar dengan ukuran 45, 54 ataupun lebih. Biasannya kebanyakan pintu stainsteel juga di gunakan hanya sebagai pelindung tambahan pengganti pintu besi yang bobotnya lebih berat. Untuk modelnya sendiri sekarang sudah banyak variasinya sehingga bisa di sesuaikan dengan selera masing-masing pemilik rumah. Namun jenis pintu ini memiliki kekurangan dalam harga dan variasi warnanya, harga stainsteel sendiri saat ini masih tergolong mahal selain itu warnanya juga tidak bisa di ganti karena hanya menganut warna dasar dari staisteel itu sendiri.

Beberapa contoh model pintu minimlais yang mungkin bisa di jadikan referensi untuk rumah anda. Adapun sedikit tips dalam memilih pintu minimalis yang tepat ada baiknya perhatikan bahan yang akan digunakan sebagai pintu. Pilihlah bahan pintu yang tahan terhadap segala cuaca apapun baik hujan maupun panas, biasanya bahan yang paling kuat bertahan bertahun-tahun ialah bahan dari kayu. Selain itu pilih juga model pintu yang cocok dan serasi untuk rumah anda, jangan hanya karena menginginkan pintu idaman namun tidak cocok pada rumah anda, sehingga konsep pintu dan konsep rumah anda akan bertabrakan. Perhatikan juga pemilihan warna yang tepat, karena warna sebuah pintu akan sangat berperan dalam memberikan kesan indah pada rumah anda, serasikan juga dengan cat dinding rumah.