Desain Kamar Tidur Minimalis 3×4

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang harus ada dalam sebuah rumah, pasalnya kamar tidur merupakan sebuah ruangan utama tempat dimana pemilik rumah beristirahat dari semua kegiatan. Oleh karena itu kamar harus dibuat semenarik dan senyaman mungkin.

Untuk mendapatkan kamar tidur yang nyaman tak perlu luas, karena meski tempatnya kecil, jika kita bisa menatanya dengan baik maka akan terasa nyaman dan luas. Namun, untuk menata kanar tidur dengan ukuran kecil tak semudah menata kamar yang ukurannya besar.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat kamar adalah menentukan tema dan konsep apa yang akan diterapkan pada kamar tidur anda. Biasanya konsep yang diterapkan pada kamar yang berukuran 3×4 adalah konsep kamar tidur minimalis.

Tips Desain Kamar Tidur Minimalis 3×4

Walaupun terlihat simple, namun konsep ini sangat cocok untuk kamar tidur ukuran 3×4 karena dapat memberikan kesan elegan dan ruangan terasa lebih lapang. Untuk membuat kamar tidur mininalis ukuran 3×4 modern, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti dalam pemilihan furniture, pemilihan cat pada dinding, menentukan ukuran tempat tidur, penataan tata letak furniture serta penataan cahaya.

Memilih Furniture Yang Tepat

Memilih furniture adalah hal yang paling utama dalam menata kamar tidur. Pilihlah furniture yang ukurannya kecil atau furniture yang multi fungsi, guna menghemat tempat. Contohnya seperti memilih meja belajar yang menyatu dengan lemari, atau meja belajar yang menyatu dengan rak-rak serbaguna. Hindari furniture yang berukuran besar karena dapat mempersempit ruangan.

Memilih Warna Cat Dinding Yang Tepat

Dalam menata kamar, pemilihan warna cat dinding pun sangat penting, karena warna cat dinding pun akan mempengaruhi terhadap suasana kamar. Pilihlah warna yang tepat untuk kamar anda, karena jika pemilihan warna tidak tepat, maka akan membuat tampilan kamar anda menjadi kurang menarik sehingga anda tidak nyaman.

Pilihlah warna yang netral dan lembut seperti warna putih, biru, cream, abu, hijau dan warna cerah lainnya yang dapat menjadikan kamar anda lebih terlihat cerah dan luas. Atau anda bisa menggunakan konsep pewarnaan kombinasi, seperti warna putih dan biru, ungu dan putih dan sebagainya.

Agar terlihat lebih menarik dan hidup, anda juga dapat menerapkan wallpaper pada kamar anda. Anda bisa memilih warna dan corak yang lebih netral serta motif horizontal agar ruangan terlihat lebih hidup dan luas.

Pemilihan Tempat Tidur

Tempat tidur merupakan onjek utama yang diperlukan di kamar tidur, oleh karena itu pilihlah tempat tidur yang bagus dan nyaman. Anda bisa menggunakan tempat tidur dengan ukuran ramping dan menggunakan konsep lesehan agar kamar terlihat lebih luas. Anda juga bisa menggunakan kasur berbentuk sofa agar bisa dilipat dan berganti posisi tidur sesuai dengan mood yang ada.

Penempatan Pisisi Furniture Yang Tepat

Penempatan posisi furniture juga dapat mempengaruhi terhadap kenyamanan anda. Sebaiknya anda menempatkan furniture yang berukuran besar seperti lemari dan meja belajar posisinya berdempetan dengan dinding dan tempat tidur posiaikan di sudut untuk mendapatkan kesan luas pada ruangan.

Pencahayaan Dan Sirkulasi Udara

Salah satu permasalahan yang sering muncul pada kamar yang mungil adalah pencahayaan dan sirkulasi udara. Kurangnya cahahaya dan sirkulasi udara dapat membuat kamar anda semakin sumpek. Oleh sebab itu buatlah jendela yang cukup di kamar anda, dan bukalah setiap hari agar dapat cahaya dan memberi ruang untuk keluar masuknya sirkulasi udara.

Untuk mendapatkan kamar yang cantik dan nyaman, pintar-pintarlah dalam menata dan mendesain kamar anda. Manfaatkan tempat sebaik mungkin untuk memberikan kesan luas dan menarik. Selamat mencoba.