Desain Rumah

Desain Dan Sketsa Rumah Untuk Type Minimalis

Hampir setiap orang  tentunya mempunyai impian memiliki rumah idaman, tidak heran karena hal tersebut di era sekarang sudah banyak arsitek mulai mengeluarkan karya-karya terbarunya dalam desain rumah. Berbagai desain rumah saat ini sudah banyak jenisnya, mulai dari desain rumah yang minimalis sampai desain rumah termewah sekalipun dapat ditemukan. Berbicara tentang rumah, langkah pertama yang harus dibuat adalah bagian sketsa rumah. Bagian sketsa ini merupakan tahap awal yang akan mempermudah proses pembangunan rumah ke tahap selanjutnya. Misalkan jika Anda ingin membuat desain rumah type minimalis, untuk memperoleh bangunan rumah tersebut agar terlihat bagus dibuatlah sebuah sketsa rumah terlebih dahulu.

Karena pentingnya sketsa rumah dalam pembuatan rumah idaman Anda, otomatis untuk pemilihan sketsa rumah pun haruslah diperhatikan dengan baik dan benar. Jangan sampai nanti setelah selesai pembangunan rumah hasilnya kurang memuaskan artinya tidak sesuai keingingan yang disebabkan kesalahan pemilihan sketsa rumah. Meskipun dalam hal pemilihan sketsa rumah ini tidak terlalu sulit terkadang masih banyak orang-orang kebingungan dengan pilihan mereka. Sebelum pada pembahasan utama mengenai contoh sketsa rumah, untuk mengatasai rasa bingung Anda pada pemilihan sketsa rumah terlebih dahulu kita akan berbagi informasi seputar tips memilih sketsa rumah yang baik dan benar . Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari simak sedikit ulasan di bawah ini.

Tips Memilih Sketsa Rumah Dengan Baik Dan Benar

Untuk membuat sketsa rumah yang bagus, pada dasarnya Anda harus melakukan konsultasi dengan ahlinya namun pastikan bahwa anggaran untuk menyewa jasa pembuat sketsa rumah juga sudah Anda sediakan. Jika saat ini Anda maish belum mempunyai anggarang khusus untuk menyewa jasa pembuat sketsa rumah, lebih baik ketahui terlebih dahulu tips tips memilih sketsa rumah dengan baik dan benar sebelum memulai membangun rumah idaman. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan dana khusus.

  • Lakukan penyesuaian dengan lahan rumah

Untuk pembuatan sketsa rumah, Anda harus bisa memastikan sketsa yang akan dibuat tersebut cocok atau tidak dengan lahan yang tersedia untuk pembangunan rumah tersebut. Selain itu, pertimbangkanlah lahan yang harus dikosongkan baik itu pada bagian depan atau bagian belakang yang nantinya bisa dijadikan halaman.

  • Sesuaikan dengan gaya hidup

Anda harus bisa memilih sketsa rumah yang sesuai dengan gaya hidup. Artinya bisa sesuai denngan selera serta kebutuhan bagi penghuni rumah atau keluarga Anda. Sebagai saran, sebaiknya pilihlah sketsa rumah yang baik yang mana mempunyai kesesuaian serta keteraturan antara satu ruangan dengan ruangan yang lain. Ciri yang harus Anda ketahui tentang suatu rumah bisa dikatakan ideal yaitu terdiri dari teras, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan kamar tidur.

  • Penyesuaian karakter sketsa rumah dengan budget

Setiap orang tentunya mendambakan mempunyai rumah idaman yang cantik, nyaman, dan meawah. Namun hal tersebut tidak selamanya bisa tercapai pasalnya terdapat faktor finansial yang terkadang menjadi kendala. Selain itu ada banyak hal yang harus disesuaikan ketika Anda memilih untuk membangun rumah. Karena sebelum membangun rumah ini Anda harus mempersiapkan sketsa rumah terlebih dahulu, pastikan Anda memilih sketsa rumah disesuaikan dengan budget yang ada.

  • Pertimbangkan kondisi geografis yang tepat

Dalam pemilihan sketsa rumah yang akan dibangun, Anda harus melakukan penyesuaian dengan keadaan dan kondisi geografis yang tepat. Misalkan jika daerah Anda termasuk daerah yang rawan gempa, buatlah rumah terbaru dengan desain dan juga sketsa rumah tahan gempa. Selain itu perhatikan cuaca atau iklim di daerah Anda, khususnya di negara Indonesia berarti rumah tropis adalah pilihan yang sangat cocok dalam pembangunan rumah idaman.

  • Mudah direnovasi untuk pengembangan

Meskipun masih dalam tahap pemilihan sketsa rumah, Anda dan arsitek yang bekerja sama juga harus bisa memperhatikan waktu kedepannya. Khususnya untuk Anda yang mempunyai tipe senang dengan perubahan rumah ataupun renovasi, maka sebelumnya haruslah diperhatikan dengan Anda memilih sketsa rumah yang nantinya bisa dilakukan pengembangan baik itu secara horizontal atau vertikal.

Desain Dan Sketsa Rumah Untuk Ukuran Minimalis

Salah satu contoh sketsa rumah untuk ukuran minimalis yang bisa Anda buat yaitu dengan denah 1 lantai 2 kamar tidur. Disini Anda bisa membuat rumah dengan mengusung konsep rumah tumbuh yang mempunyai pola-pola grid tertentu, hal ini sangat memungkinkan untuk dilakukan pengembangan di kemudian hari baik itu secara vertikal ataupun horizontal. Kelebihan dari pembangunan rumah minimalis yang sederhana ini yaitu lebih mudah dirawat, teras lebih indah dan nyaman, ruangan didalamnya terlihat lebih lapang.

Selanjutnya untuk sketsa rumah ukuran minimalis yang lain yaitu pembangunan rumah sederhana 6×12. Di atas lahan yang mempunyai ukuran kurang 6×12 atau rumah tipe 45 ini, Anda bisa membuat sketsa rumah yang nyaman, modern, dan sederhana. Selain itu, tanah atau luas 6×12 sangatlah ideal untuk dijadikan hunian rumah idaman di perkotaan. Sketsa rumah yang satu ini biasanya terdiri dari ruang kamar tidur 2, ruang tamu menjadi multifungsi dengan ruang keluarga, dapur menjadi multifungsi dengan ruang makan, kamar mandi 1, di belakang tersedia ruang jemuran atau ruang ruang cuci, di bagian depan terdapat teras rumah dengan taman kecil, terakhir ada tambahan garasi.

Jika Anda merasa rumah minimalis 1 lantai dengan 2 kamar tidur masih kurang karena jumlah keluarganya bertambah, mulailah membuat sketsa rumah dengan penambahan lantai menjadi 2 yang mempunyai 3 sampai 4 kamar tidur. Anda bisa menempatkan 1 kamar tidur di lantai 2 atau sebaliknya. Cara penambahan lantai ini sangat efektif untuk menghadirkan kesan rumah lebih lapang. Selain itu konsep rumah minimalis yang satu ini dikatakan lebih ekonomis jika dibandingkan dengan Anda yang harus membeli tanah untuk penambahan luas menjadi rumah tumbuh secara horizontal dimana harga tanah sekarang lebih mahal.

Salah satu tipe rumah minimalis 2 lantai yang bisa Anda buat yaitu yang mempunyai ukuran lantai dasar 36 atau sama dengan 36 meter persegi. Sedangkan untuk lantai atasnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah. Seperti yang kita ketahui untuk sketsa rumah dengan 2 lantai sesuai peraturan perundang-undangan tidak boleh lebih besar dari lantai dasar. Dari sketsa rumah dengan 2 lantai ini, Anda bisa berkreasi sebebas mungkin untuk penempatan ruangan. Biasanya di lantai 2 terdiri dari kamar tidur, ruang tv, atau bahkan ruang kerja pribadi.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai tips memilih sketsa rumah yang baik dan benar serta ulasan seputar desain dan sketsa rumah untuk tipe minimalis yang bisa kami bagikan disini. Semoga dari pembahasan diatas cukup membantu Anda khususnya yang saat ini masih bingung dalam pembuatan sketsa untuk rumah idaman.